Hello Strangers

Minggu, 29 Maret 2015

Jangan Panggil saya Anggun : Anak Gunung


(Tak perlu tertawa pada gunung dan laut karena gunung dan laut tak punya rasa)


Sepenggal lirik dari Band Indie yang lagi ami suka, judulnya Cerita Gunung dan Laut. Kebetulan jadi soundtrack pas ami lagi mengunjungi  gunung dan laut. Awal bulan kemaren pergi melala buah kecewa ke Pulau Angso duo di Pariaman. Menikmati surga kecil yang berusaha ami ciptakan karena kekecewaan dan ketidakhokian lagi nimpa ami.
Quote lagi dari ami : “di puncak suntuk dan puncak rasa tidak bersyukur, cobalah lari sejenak dari hidup. Pas kembali lagi, everything getting better. Percayalah.”


Dan perjalanan ke Gunung Talang kali ini juga buah kecewa dari batalnya ikut tawaran nanjak dari teman sekamar. Alasan klasik : surat izin dari orang tua gak keluar. Tapi ternyata izin dari Papa agak lebih fleksibel. Boleh minta izin via telepon. Jadi hari sabtu tgl 28 ini ami naik gunung talang dengan izin tunggal PAPA.
Perjalanan kali ini penuh keragu raguan. Seminggu sebelumnya ami konfirmasi sm bg argie katanya fix berangkat sabtu. H-1 pas ami sms katanya ada masalah, guide nya ngundurin diri. Haaa kan sial namanya. Ami udah semangat 45 juga, masa iya batal, ami juga gak banyak ngasih tau teman soalnya takut php gini.
Ami nanjak bareng rombongan dari solok. Cuma  itu  yg ami bilang sama teman teman pas malam sebelum berangkat. Ami tinggal nomor hp orang orang penting. Bisa dibilang nekat lah ami ni, kak putri yang awalnya mau jadi patner cewek juga gak jadi. Jadilah ami The One And Only Girl untuk kesekian kalinya. Gak cemas sih, soalnya pergi sama cowok cowok jomblo yang emang gak niat punya pacar. (kalomat terakhir becanda, soalnya sepanjang jalan minta comblangin terus, terutama bang dyan yang mau cewek yang bisa jatuh cinta secara instan tanpa dia perlu gombal gombal)



















Sabtu Pagi jam 8, ami minta kepastian ketemuan dimana. Di balas abg nya, jangan bergerak dulu sebelum ada aba aba, karena guide masih belum pasti. Oh my God. Bahkan 1 jam keberangkatan masih gini kabarnya.   Ah, php !!
Jam 9 baru di bolehin jalan, naik bus. Haha ini niat banget namanya. Naik bus Padang – Solok turun di separo perjalanan ke kota solok, sekitar 30 menit dari kota Padang. Masih dingin disepanjang perjalanan berkabut. Dalam hati ami geleng geleng kepala. Ini bakalan jadi epic fail kalo hujan lebat. Mana belum ada yang tau medan gimana. Ditambah guide yang gak jelas.
Turun di Simpang Lubuk Selasih. Mendung sedikit beranjak. Tapi tetap gunung talang belum nampak. Teman ngetrip juga belum keliatan, pulsa habis pun, jadilah nunggu sambil benggong. Sesekali Nampak pendaki lain dengan karrier gede gede. Dan akhirnya ketemulah partner mendaki. Ada bang Argie, Bang Dyan sama Bang Hamim. Gak ada cewek, tapi dipastiin tenda untuk ami aman. Sekarang masih ngebahas tentang kabut dan Puncak Gunung yang tak  kunjung menampakkan diri.
Setelah panjang lebar berdebat, ami tetap dengan prinsip, “Kalo beneran niat, InsyaAllah semua bakal baik baik aja. Yang penting niat atau ga!”(adopsi prinsip ryan colay ni). Bang dyan lebih semangat lagi, masa iya pulang. Akhirnya voting selesai, tetap naik kita lihat cuaca, kalo misalnya jelek, ami sarankan ke danau talang aja, nge camp disana. (soalnya ami malas banget disuruh pulang bg argie)Lanjutkan perjalanan, ami yang belum makan, beli nasi dulu rencana mau makan dijalan (tapi gak laper laper)
Sampailah di Pos Pendakian Gunung Talang via Air Batumbuak. Setelah lapor, ngurus parkir motor, bagi bagi beban lagi biar adil. Nah langsung jalan. Tapi masalah utama. Kita gak ada yang tau rute, haha.
Baru sepuluh langkah kita udah nanyain belok mana ke penduduk sekitar. Parah parah. Ngajakin pendaki yang lain nanjak bareng, ternyata salah nawarin, orang orang tu udah mau turun. But Keep Calm, kita tetap bakal nyampe puncak.
Start jam 12 lewat sedikit, tapi cuaca cerah dan sejuk. Mendung tadi hilang bersama niat yang kuat, ceileee… di awal perjalanan kita disambut sama hamparan kebun teh yang indah. Ketemu sama orang di ladang, dan kecemasan tentang gak tau rute tadi sangat berlebihan karena tiap persimpang akan ada petunjuk berupa nomor. Jelas!!


20 menit perjalan belum masuk hutan, tapi dari kebun teh sudah jadi kebun dan ladang masyarakat. Ketemu pendaki lain yang mau turun dan waaaw, becek abies pasti sepanjang jalan.
Sepanjang jalan dari mulai masuk hutan sampai ke tempat camp bisa dibilang vegetasinya sama. Hutan tropis, rindang, jalan naik turun becek yang kadang dikasi bantuan tali, ngelompatin pohon pohon tumbang, tanah hitam. Gak ada variasi medan trecking nya. Dari tempat camp ke puncak butuh 30 – 1 jam lagi baru ngelewatin cadas, bebatuan dengan vegetasi tanaman rumput.  Gunung Talang dengan ketinggian 2597 mdpl kita butuh waktu 5 jam perjalanan slow motion. Haha.
Awalnya pas nyampe tempat camp ami ngira udah sampe puncak. Eh ternyata masih di kaki kawah. Dan amazingnya bunyi kawah kayak bunyi penggorengan. Menggelegak mengerikan.
Yang unik dari gunung talang, tempat camp nya rame kayak ikutan jambore daerah. Lapangan dibawah kawah yang luas dibatasi sama hutan hutan mati bekas erupsi gunung talang terlihat uapic!! Dan awesome nya lagi dari atas sini kita bisa lihat 3 danau berlatarkan gunung Kerinci, atap sumatera. Ada danau Talang, Danau Atas dan Danau Bawah. Ini petjah banget.

Hari menjelang malam, semilir angin mulai menggila. Saatnya masuk tenda, haha. Biarkan para pria pria galau bercerita diluar. Pagi pagi buta ami bangunka, ami ajak naik ke puncak gak ada yang mau. Takutnya nyesel kalo ga sampe puncak. Alas an mereka banyak, bikin kopi dululah, makan dulu lah, nunggu matahari lah, soalnya sunrise juga gak keliatan soalnya kabut. Akhirnya jam 8 baru mulai naik ke puncak lagi, eh para jomblo gak semangat, baru separo jalan kabut pelan pelan mulai menelan semua pemandangan indah, tujuan kita ke puncak. Pupus sudah harapan. Mungkin Gunung Talang nyuruh kita balik lagi buat menyaksikan ke amazingan nya di lain waktu. Tapi dicadaspun kita sudah cukup jelas ngeliat 3 danau sebelum kabut datang.
Okay saatnya kembali ke camp,  kemasi barang, mari kita pulang. Besok mau ke labor lagi kan?? Iya biar cepat wisuda.
Awesome trip bersama para petualang.

Salam Lestari.

0 komentar:

Posting Komentar