Hello Strangers

Rabu, 09 Desember 2015

1000 Guru Sumbar.. Rancak Banaaaa

4-6 Desember 2015

Tiga hari mencoba lari dari zona nyaman, tapi kenyataannya disini bersama kakak kakak 1000 Guru Sumbar yang  luar biasa ini, malah berasa sangat nyaman. I swear.  Yang awalnya gak saling kenal, terus keluar pengumuman volunteer,  mulai stalkingin sosial media yang di mention di instagram, dibuatkan grup buat chit-chat, terakhir dikumpulin di taman budaya selama 4 hari berturut turut buat ngebahas acara kita. Bertemu dengan orang orang baru dalam waktu singkat, menjadi akrab, itu menurut ami, ini masuk pelajaran teori zona nyaman lagi. Masih ada yang bisa membantah teori kenyamanan? Ada yang bisa bantu selesaikan perkara comfortzone ini? *skip *skip *skip

Senin, 7 Desember, setelah sibuk ganti display picture dan upload foto ke sosmed bersama anak anak SD yang masih lugu dan polos dan kakak kakak yang memakai baju seragam bersablon dengan tulisan  1000 Guru Sumbar masih menimbulkan pertanyaan, banyak chat yang terabaikan. Ada yang bilang KKN, KBM dan lain sebagainya.  Ami pikir ami udah jadi volunteer dari kegiatan paling mainstream tahun ini. Ternyata masih banyak yang gak tau apa itu 1000 Guru.
                                    




                                   


Mari kita mulai kutip sedikit info dari blog sebelah
“Komunitas 1000 guru berawal dari akun twitter @1000_guru yang dibentuk pada 22 Agustus 2012 oleh Kak Jemi Ngadiono. Selanjutnya Komunitas ini berkembang dan melakukan aksi turun tangan langsung membantu pendidikan anak anak pedalaman negeri”.
Sedikit tentang TNT
TnT merupakan singkatan dari Traveling and Teaching, merupakan salah satu program dari komunitas 1000 guru. Program ini diadakan hampir setiap bulan oleh masing masing regional 1000 guru. Biasanya diadakan saat weekend. Alasannya karena volunteer yang diseleksi oleh pengurus 1000 guru berasal dari berbagai kalangan, ada yang mahasiswa, pegawai negeri , pegawai  kantoran yang pastinya sibuk dengan tupoksi masing masing  saat weekday. 

Lagi lihat drone, penasaran sama suara bising drone.
Volunteer Team Kelas 3 
  



Mengantar Lidya, Jelsi dan Olivia pulang.

Kegiatan pertama yang dilakukan adalah Teaching yaitu mengunjungi sekolah di pedalaman, mengajar, berbagi ilmu dengan anak anak SD yang mengemaskan, bermain bersama dengan games seru, selanjutnya memberi motivasi dan sharing saling membagi inspirasi. Kedengarannya simple, tapi ternyata setelah menjalaninya, kegiatan ini “so touching” banget ~~ ami pake jargon kak Anggun.

                                      







Selanjutnya yang gak kalah seru,  
Travelingnya. Kali ini traveling ke lokasi wisata yang menarik, TNT 3 ini berkesempatan jalan jalan ke Danau Talang. Kalo masalah jalan jalan kayanya udah biasa ya. Tapi entah kenapa, dari segi jalan jalannya pun ini beda. Ini tetap terbaik. Walaupun sama teman teman baru tapi gak ada yang ngalahin serunya. Main games serba estafet, kertas estafet, karet estafet, pecahin balon sampe tarik tarikan, siram siraman air danau. Dan pastinya team 2 cihuuuy jadi jawaranya, stiker 1000 guru sumbar ini berhasil ami kantongi. 
                                         

Dan lagi yang lebih syahdu. Pemandangan puncak Gunung Talang yang aduhai terasa pas dari pinggiran Danau Talang yang minimalis ini.




Oiya….  Soal TnT ini, masih banyak  yang nanya gimana cara ikutaaan??
Disini ami bakal share sedikit kronologi gimana cara ikutan jadi volunteer (sukarelawan)
1.      1.  Kepoin akun sosial media 1000 guru.
Karena komunitas 1000 guru  merupakan komunitas yang besar dan terus berkembang, komunitas ini mempunyai banyak pengurus regional, masing masing daerah/ kota punya akun sosmed. So pastiin yang kamu kepoin akun 1000 guru regional  terdekat.
Kecuali kamu emang niat jalan jalan ke luar daerah kayak  cerita kakak Albert  (teman sesama volunteer di  TnT #3) yang tiap TNT regional manapun dia ikut daftar jadi volunteer.  Nanti kalo lolos, sekalian bisa jalan jalan dan dapat keluarga baru. Tapi siapin budget berlebih pastinya.

2.      2.  Nanti akan ada postingan OPEN RECRUITMENT VOLUNTEER berupa e-poster. Nah silakan daftar. Mekanisme pendaftaran cukup sederhana. Kadang ada yang disertai membuat essay.  Anggap aja sekalian latihan belajar nulis, mengeluarkan pendapat. Seru kok.

3.       3. Setelah pendaftaran ditutup, nanti akan di seleksi oleh pengurus 1000 Guru.
Kita santai aja nunggu pengumuman.

4.       4. Dan Violaaaaa… Nama nama volunteer yang diterima bakal di mention di instagram, bakal di hubungin sama panitia, dan siap siaplah kamu bakal panik hahaha.
Panik? Lha Kok panik?  Hahah.
Panik karena senang ? bisa jadi..  atau juga panik gegara gak siap secara keuangan, haha.

Sedikit curhat, TNT #3 `oleh 1000 guru sumbar  ini buka pendaftaran akhir bulan November, ami iseng daftar soalnya lagi gak ada gawe, free abis sidang, nunggu wisuda dan tes profesi apoteker.  Namanya Ex-Mahasiswa, jatah bulanan malah dikurangin, kepake sana sini buat jilid skripsi dan persyaratan wisuda lainnya, jadi akhir bulan kemaren bener bener hidup dibawah garis kemiskinan. Dan tiba tiba tanggal 23 Nov di notif ig ada mention lolos sbg volunteer. Jadilah ami hamba sahaya yang mengharapkan transferan gaib dari sepupu. Alhamdulillah, setelah jelasin ini kegiatan positif dengan sedikit nada memelas, dana cair.  
Dana ini digunakan untuk transport, konsumsi, sertifikat, baju  dan termasuk donasi buat anak anak yang membutuhkan nantinya.

5.      5.  Bakal ada briefing dan teknikal meeting selama H-4 sebelum acara. Gak wajib sih, tapi dengan ini bisa  menjalin keakraban dengan volunteer dan pengurus. Disini bakal dibahas run down acara, yang pelu disiapkan sebelum acara, materi teaching yang dibahas nanti oleh volunteer. Games games ice breaking buat anak SD. Ini seru. Percayalah.

6.       6. Hari H keberangkatan. Selamat menikmati Traveling yang lebih dari sekedar jalan jalan biasa. Selamat berkontribusi terhadap pendidikan di daerah  pedalaman. Semoga menginspirasi dan terinspirasi. Selamat berbagi.

Perlu bagian closing lagi???  Yaudah mending dengerin Official Song 1000 Guru yang judulnya Kita Untuk Negeri.  
On the way.. Kita naik truk TNI. 

 Seribu Guru Sumbar… Rancaaak Banaaa


6 komentar:

Hans Febrian mengatakan...

Keren banget Ami!
Semoga kita tetap dikasih kesempatan untuk menyebarkan kebaikan ya.
Amin!

Rahmi Purwaningsih mengatakan...

Makasii bang hans, masih kalah keren dari tulisan abang mah.
Aamiin, terus menginspirasi dan terinspirasi bang.

A bunch of hope mengatakan...

how cool you are, lanjutkan aby...

Prima Ayudhya mengatakan...

Kalau boleh tau biaya untuk ikut komunitas 1000 guru ini brp ami ?

Prima Ayudhya mengatakan...

Kalau boleh tau biaya untuk ikut komunitas 1000 guru ini brp ami ?

Donuts Caramel mengatakan...

Kak kapan open volunteer lagi? Mau ikutan

Posting Komentar